SOSIALISASI PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 11 TAHUN 2019 TENTANG MANAJEMEN PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DALAM KONTEKS PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) YANG DIBERHENTIKAN SEMENTARA

Makassar (09/10/2019) Horison Ultima Hotel, Pemerintah Kota Makassar melalui Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kota Makassar mengadakan Sosialisasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dalam Konteks Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang Diberhentikan Sementara.

Pada Sosialisasi ini Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kota Makassar menghadirkan akademisi Prof. DR. A. Muin Fahmal, SH., MH. (Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia) serta Prof. DR. Aminuddin Ilmar, SH., MH. (Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin) sebagai narasumber dan memberikan materinya kepada peserta sosialisasi.

Tantangan pembangunan dan pelayanan publik di Indonesia begitu besar, namun banyak pelaku pembangunan khusunya di ranah birokrasi yang belum profesional dalam memahami pengukuran kinerja dan karirnya. Lahirnya Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 sebagai pegangan dalam pelaksanaan manajemen PNS dan diharapkan dapat memberi perubahan positif bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam proses reformasi birokrasi.

Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan satu diantara aturan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Secara umum tujuan manajemen PNS yaitu untuk pengelolaan PNS yang profesional, bernilai dasar dan beretika profesi, bebas intervensi politik dan bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme, sebagaimana pada Peraturan Pemerintah ini dalam Paragraf 1 Pemberhentian Sementara Pasal 276 yang menjelaskan bahwa salah satu kinerja PNS diberhentikan sementara karena ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana.

Melalui Sosialisasi ini diharapkan agar Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kota Makassar dapat mengetahui dan memahami tentang Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) khususnya dalam konteks Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diberhentikan sementara. Dengan menindaklanjuti dan memberikan kontribusi positif pada lingkungan kerja masing – masing, sehingga dapat memberikan inspirasi keteladanan integritas dan disiplin dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat serta dalam pembangunan Kota Makassar.

Dani – Rista