RAPAT KOORDINASI PENYUSUNAN RENCANA KERJA PROGRAM PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH (PROPEMPERDA) KOTA MAKASSAR TAHUN 2020 (ANGKATAN I)

Makassar (22/07/2019) Hotel Singgasana, Pemerintah Kota Makassar melalui Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kota Makassar mengadakan Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Kerja Program Pembentukan Peraturan Daerah (PROPEMPERDA) Kota Makassar Tahun 2020 (Angkatan I)

Pada kegiatan ini, Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kota Makassar menghadirkan akademisi Prof. Dr. Achmad Ruslan, SH., MH. (Guru besar Universitas Hasanuddin, Fakultas Hukum) dan Anwar, SE., M.Si. sebagai narasumber dan juga memberikan materinya kepada para peserta.

Pembentukan Peraturan Daerah yang dimulai dengan menyusun Program Pembentukan Peraturan Daerah sebagai peraturan awal pembentukan Peraturan Daerah memiliki peran yang sangat strategis agar pembuatan produk daerah dapat disusun secara terencana, terpadu dan sistematis.

Program Pembentukan Peraturan Daerah sebagai instrumen perencanaan legislasi daerah yang merupakan amanah dari Undang Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan juncto Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 120 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah dapat membantu memberikan arah sekaligus menjadi pedoman dalam pembuatan Peraturan Daerah dalam rangka mewujudkan tertib peraturan, ada beberapa aspek yang harus menjadi perhatian dalam program. Pembentukan Peraturan Daerah terutama adalah aspek kejujuran tujuan dan manfaat produk hukum daerah yang harus di bentuk berdasarkanpertimbangan dan penilaian yang diperuntukkan, selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah aspek keadilan dan persamaan yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat. akan memberikan warna terhadap pembuatan Peraturan Daerah.

Dani – Rista