LEGAL DRAFT/UJI RANCANGAN PERATURAN WALIKOTA MAKASSAR TENTANG PELAKSANAAN PERDA KOTA MAKASSAR NOMOR 3 TAHUN 2016 TENTANG PEMBERIAN AIR SUSU IBU EKSKLUSIF

Kamis, 27 Oktober 2017 | Bagian Hukum dan HAM Setda Kota Makassar kembali menggelar Uji Publik di Ruang Sidang Peraturan Walikota ( Ruang SIpakalebbi) Kantor Walikota Makassar
Bahwa telah menjadi kewajiban kita semua untuk mempersiapkan anak sejak dini menjadi anak yang sehat, cerdas dan memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia. Dalam kaitan mempersiapkan anak tersebut, harus dilakukan secara terencana, tepat, intensif dan berkesinambungan baik oleh keluarga, masyarakat, pemerintah dan swasta. Salah satu upaya yang paling mendasar untuk menjamin pencapaian kualitas tumbuh kembang anak secara optimal sekaligus memenuhi hak anak adalah memberikan makanan terbaik bagi anak sejak lahir hingga usia dua tahun. Hal terpenting dalam membentuk generasi andal di masa depan adalah pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif ditambah asupan nutrisi serta gizi yang memadai. Bahwa Air Susu Ibu merupakan makanan sempurna bagi bayi karena mengandung zat gizi yang sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Maka untuk melindungi dan menjamin pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini dan pemberian Air Susu Ibu yang merupakan hak mutlak bayi perlu adanya dukungan bagi Ibu untuk memberikan ASI kepada bayi.
Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan menjamin pemenuhan hak bayi yang diatur dalam pasal 128 yang mengamanahkan setiap bayi berhak mendapatkan air susu ibu eksklusif sejak dilahirkan selama 6 (enam) bulan, kecuali atas indikasi medis. Dan selama pemberian air susu ibu, pihak keluarga, Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan masyarakat harus mendukung ibu bayi secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus.
Pada Pemerintah Kota Makassar sendiri, berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif telah diatur kewajiban dan tanggung jawab Pemerintah Daerah, masyarakat dan swasta dalam mendukung program pemberian ASI Eksklusif ini. Diantaranya dengan penyediaan bilik/ruang ASI serta pelaksanaan pembinaan dan pengawasan pemberian ASI Eksklusif yang akan diatur dalam Peraturan Walikota.
Maksud dan Tujuan Rancangan Peraturan Walikota yang di siapkan oleh Dinas Kesehatan Kota Makassar ini adalah : mengatur standar penyediaan fasilitas khusus atau bilik/ruang ASI untuk menyusui dan memerah ASI serta tata cara pembinaan dan pengawasan pelaksanaan program penyelenggaraan pemberian ASI Eksklusif yang dilakukan oleh Pemerintah Kota dan dunia usaha.

Legal Draft/Uji publik Rancangan Peraturan Walikota Makassar tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif bertujuan sebagai Pra Sosialisasi kepada para stakeholder dan SKPD lingkup Pemerintah Kota Makassar mengenai kebijakan Walikota Makassar dalam mendukung program Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif.
Selain itu, Legal Draft/Uji Rancangan Peraturan Walikota ini memberikan ruang bagi para stakeholder dan SKPD di Kota Makassar untuk menyampaikan masukan dan saran untuk sempurnanya Rancangan Peraturan Walikota ini, sebelum ditetapkan dan diundangkan menjadi Peraturan Walikota. Hal ini, sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintah Kota Makassar di era kepemimpinan Bapak Moh. Ramdhan Pomanto dalam hal ini untuk mewujudkan pelayanan publik kelas dunia dengan mengedepankan partisipasi publik dalam setiap kebijakan yang akan diambil, untuk mewujudkan Makassar dua kali tambah baik. Amin